Tingkatkan Kualitas Lulusan, PIAUD Sosialisasi KKNI

Sektor pendidikan dan ketenagakerjaan telah mengalami perubahan yang begitu besar di era globalisasi saat ini. Mobilitas mahasiswa dan tenaga kerja antar negara memberikan tantangan bagi perguruan tinggi untuk memperoleh pengakuan dari masyarakat global terhadap hasil pendidikan yang dilakukannya. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah salah satu langkah yang disiapkan pemerintah menghadapi tantangan tersebut.

KKNI pada sistem pendidikan tinggi dinyatakan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Pasal 29 ayat (1) undang-undang tersebut menjelaskan bahwa “Kerangka Kualifikasi Nasional merupakan penjenjangan capaian pembelajaran yang menyetarakan luaran bidang pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja dalam rangka pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan diberbagai sektor”.

Pendidikan Islam Anak Usian Dini (PIAUD) sebagai salah satu jurusan di FTIK IAIN Palu baru-baru ini mengadakan sosialisasi KKNI. Ketua Jurusan PIAUD menekankan agar seluruh mata kuliah di PIAUD disusun berdasarkan KKNI PTKIN. Sosialisasi dihadiri oleh seluruh dosen lingkup PIAUD. Dalam kesempatan itu, Dr. Marwany, S.Ag., M.Pd. sebagai Ketua Jurusan PIAUD menghimbau agar setiap dosen memperhatikan kehadiran dan keaktifan mahasiswa. Tim dosen juga diharapkan dapat bekerja sama dengan baik dalam perkuliahan. Sosialisasi KKNI tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan PIAUD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *